keluarga

Home « Keluarga « Cara Mengobati Sakit Mata Pada Bayi

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Bayi

Share Facebook Share Twitter Share Google + Share Whatsapp
Publisher in : Sakit Mata
Tanggal :

Mengurus anak yang masih bayi memang bukan pekerjaan yang mudah. Bukan hanya karena mereka masih sangat rentan dengan segala penyakit yang ada, namun caramengobatinya juga harus lebih berhati-hati dibandingkan dengan mengobati mereka yang sudah dewasa.
Untuk anda yang baru pertama kali memiliki anak, tentu akan merasa jauh lebih khawatir jika terjadi sesuatu dengan anak anda yang masih bayi, misalnya sakit mata. Jadi, cara mengobati sakit mata pada bayi seperti apa yang sebaiknya anda lakukan agar aman? Untuk lebhjelasnya,
Sakit Mata pada Bayi

simak tips dan  cara mengobati sakit mata pada bayi di bawah ini.

1.    Kompres Air Hangat

Untuk bayi, memang tidak ada obat yang lebih baik dan lebih aman daripada obat dari bahan-bahan alami. Jika mata bayi anda terlihat kemerahan dan sering mengeluarkan air mata, cara mengobati sakit mata pada bayi pertama yang paling disarankan ialah mengompresnya dengan air hangat.
Pastikan kain yang anda gunakan ialah kain yang bersih dan lembut, karena jangan sampaipermukaan kain yang kasar malah akan membuat mata sang bayi menjadi iritasi dan semakin parah saja.

2.    Kembang Telang

Mungkin tidak semua orang mengenal tumbuhan yang satu ini, namun jika disekitar rumah anda terdapat kembang telangberwarna biru, maka tidak ada salahnyamenggunakannya untuk mengobati mata bayi yang sedang bermasalah.
Tanaman ini sangat baik untuk mengobati mata yang kemerahan dan biasanya terasa perih.Caranya ialah dengan merendam kembang telang dalam air bersih.Biarkan beberapa jam, barulah kemudian gunakan air rendamannyauntuk mencuci mata bayi anda,

3.    Biji Kemangi

Biji kemangi juga sebenarnya tidak mudah untuk ditemukan, namun jika anda ingin mencoba maka tidak ada salahnya.Biji kemangi ini sangat manjur untuk mengatasi masalah katarak yang bisa saja menyerang bayi.
Pilihlah biji kemangi yang sudah kering, dan masukan biji tersebut ke dalam mata ketika sedang tertidur dimalam hari. Besok paginya, biasanya mata bayi akanmengeluarkan kotoran. Karena cara ini sedikit ekstrim, maka anda harus ekstra hati-hati dalam melakukannya.
Selain cara mengobati sakit mata pada bayi di atas, ada juga beberapa tips untuk bisa menghindari sekaligus mengobati mata bayi yang sebaiknya anda ketahui. Tips ini lebih sederhana dan mudah untuk anda lakukan, jadi sebaiknya anda melakukannyasecara rutin. Beberapa tips tersebut ialah
1.    Bersihkan Mata Bayi
Salah satu hal terpenting dalam menjaga kesehatan ialah dengan menjaga kebersihannya begitu juga dengan mata anak yang masih bayi.Bersihkan mata bayi anda dengan menggunakan kain yang permukaannya lembut, atau anda juga bisa melakukannya dengan bola-bola kapas dalam keadaan basah.
2.    Menggunakan Shampoo Bayi
Tentu saja anda tidak asing dengan produk sabun dan shampoo bayi. Kedua produk tersebut dianjurkan untuk bayi bukan hanya karena aromanya yang sangatsegar, namun karena semua kandungannya yang memang sudah terbukti aman bagi bayi, mengingat bayi belum bisa melakukan refleks dengan sempurna ketika mendapatkan sesuatu yang tidak baik bagi tubuhnya.
3.    Tidak Sungkan Untuk Menemui Dokter
Ada beberapa orang tua yang masih sering meremehkan gejala yang dimunculkan oleh sang anak, sehingga membiarkannya begitu saja. Padahal, bisa saja hal tersebut merupakan pertanda sesuatu yang benar-benar tidak baik bagi bayi.Oleh karenanya, jika anda merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan bayi sebaiknya langsungmembawanya kedokter.
Dengan beberapa tips dan cara mengobati sakit mata pada bayi di atas, semoga anda bisa memberikan pengobatan yang tepat bagi buah hati anda.selamat mencoba.
 

| Marmaraherba