kesehatan

Home « Kesehatan « Ciri – Ciri Penyakit Paru-Paru Basah

Ciri – Ciri Penyakit Paru-Paru Basah

Share Facebook Share Twitter Share Google + Share Whatsapp
Publisher in : Paru-Paru Basah
Tanggal :

Salah satu penyakit paru-paru yang berbahaya adalah penyakit paru-paru basah. Jadi, kamu harus bisa mengenali ciri-ciri penyakit paru-paru basah agar kamu lebih cepat dalam menanganinya. Karena, jika tidak diatasi dengan cepat maka penyakit ini akan menjadi sangat berbahaya. Namun, yang menjadi permasalahan adalah banyak masyarakat yang masih belum paham tentang cirri-ciri atau gejala-gejala dari penyakit paru-paru basah ini sampai sakit itu dialami oleh penderita saat penyakitnya sudah mulai parah. Kalau sudah seperti ini, tentu penyembuhan atau pengobatannya pun akan menjadi lebih sulit dan lebih lama. Untuk itu, kamu harus mengenai ciri- ciri penyakit paru- paru basah agar kamu bisa mengatasinya lebih awal. Mau tahu apa saja itu? Yuk, simak artikel berikut.

Gejala Paru-Paru Basah

Seperti yang sudah saya katakan, paru-paru basah adalah salah satu penyakit paru-paru yang berbahaya. Jika hal ini dibiarkan maka resiko terburuk yang akan kamu dapatkan adalah kematian. Paru-paru basah sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur, virus dan bakteri. Akibatnya, jika paru-paru sudah terinfeksi maka akan mengalami peradangan. Penyakit paru-paru basah ini juga sering disebut penyakit pneumonia. Penyakit ini akan membuat kantong udara yang ada pada paru-paru akan dipenuhi dengan cairan berupa nanah. Hal ini akan membuat kemampuan paru-paru dalam menyerap udara menjadi menurun. Lalu, apa saja sih ciri- ciri penyakit paru-paru basah ini? ciri- ciri yang akan dialami oleh penderita paru-paru basah pada umumnya adalah demam yang akan disertai dengan batuk yang berdahak. Pada mulanya, penderita akan mengalami batuk kering.  Mata si penderita juga biasanya akan berair, dada terasa nyeri dan penderita juga akan merasakan sakit kepala ingan. Gejala-gejala lain yang sering terjadi adalah pegal-pegal, lebih cepat lelah dan tenggorokan terasa sakit, agak sesak nafas. Dalam jangka waktu yang lama, nafsu makan dari penderita paru-paru basah akan berkurang. Dan ini akan membuat berat badan penderita terus menurun karena tidak bisa mendapatkan asupan gizi yang cukup. Beberapa kasus pun bahkan ada yang terjadi perubahan warna kulit yang disebabkan karena oksigen di peredaran berkurang. Biasanya, kulit penderita akan berubah menjadi cenderung keunguan.  Penderita paru-paru basah juga biasanya akan mengalami keringat dingin terutama pada bagian kaki dan telapa tangan.
Ciri – Ciri Penyakit Paru-Paru Basah

Pengobatan Paru-Paru Basah

Jika kamu melihat anggota keluarga atau bahkan diri kamu sendiri mengalami ciri-ciri seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, maka kamu harus membawanya ke dokter untuk bisa mendapat penangan medis. Jika kamu ingin terhindar dari penyakit berbahaya ini, kamu harus bisa menghentikan kebiasaan buruk kamu seperti merokok dan minum alcohol serta kamu harus selalu menjaga kebersihat tubuh dan kebersihan tangan kamu. Semoga artikel mengenai ciri- ciri penyakit paru-paru basah ini bermanfaat.
 

| Marmaraherba