tips

Home « Tips « Jenis-jenis Gangguan Pencernaan yang Harus Anda Ketahui

Jenis-jenis Gangguan Pencernaan yang Harus Anda Ketahui

Share Facebook Share Twitter Share Google + Share Whatsapp
Publisher in : Gangguan Pencernaan
Tanggal :

Gangguan pencernaan adalah suatu masalah kesehatan yang mempengaruhi satu atau lebih organ sistem pencernaan secara bersamaan atau dalam waktu yang bersamaan. Sistem pencernaan sendiri memiliki tugas untuk menerima makanan selnajutnya mencerna makanan tersebut atau memecahnya hingga menjadi nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh serta disalurkan ke seluruh tubuh melalu darah. Tidak hanya itu saja, sistem pencernaan juga memiliki tugas memisahkan serta membuang bagian dari makanan yang tidak bisa dicerna misalnya serat. Sistem pencernaan pada manusi berbentuk memanjang dimulai dari mulut hingga anus. Jika dijabarkan alurnya, maka sistem pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, rectum, dan terakhir anus. Selain organ-organ tersebut, masih ada organ lain seperti hati, pancreas, serta kandung empedu juga termasuk dalam bagian sistem pencernaan, hanya saja letaknya diluar saluran pencernaan.
Saluran pencernaan pada manusia bisa kapan saja memiliki gangguan atau terjadi gangguan sehingga membuat saluran pencernaan tidak dapat berfungsi dengan baik. Ada banyak sekali jenis gangguan pencernaan, gangguan pencernaan yang paling sering terjadi adalah keracunan makanan, gastroesofagus, penyakit batu empedu, wasir serta penyakit usus buntu.

Berikut ini kaan dijabarkan satu persatu mengenai gangguan pencernaan

1.    Keracunan makanan

Gangguan pencernaan Keracunan Makanan
Keracunana makanan merupakan suatu konsisi yang menyebabkan sang penderitanya mengalami mual, nyeri perut, mutah, kehilangan nafsu makan, demam, diare, lemas, dan juga nyeri otot dikarenakan mengkonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh virus atau bakteri. Penyebab makanan menjadi terkontaminasi oleh virus ataupun bakteri adalah makanan tersebut tidak dimasak dengan baik, telah melewati batas kadaluwarsa, tersentuh oleh tangan kotor atau tangan seseorang yang membawa virus atau bakteri bahkan keduanya, terlalu lama tersimpan pada suhu yang hangat serta tidak dibekukan dengan suhu tidak lebih dari 5 derajat celcius. Tidak hanya itu sjaa, makanan yang dimasak kembali secara tidak sempurna atau telah terkontaminasi dengan makanan yang basi juga dapat menyebabkan seseorang yang mengkonsumisnya menjadi keracunan.

2.    Refluks gastroesofagus

Gangguan pencernaan yang kedua adalah Refluks gastroesofagus atau penyakit asam lambung yang lebih dikenal dengan GERD adalah suatu kondisi yang terjadi saat asam lambung seseorang naik ke atas kerongkongan dikarenakan cincin otot esofagus tidak dapat menutup dengan baik atau sempurna. Saat asam lambung sedang naik ke kerongkongan, maka sang penderita GERD ini akan merasakan gejala yang tidak enak seperti misalnya sensasi yang tidak enak pada mulut, neyri pada ulu hati, bahkan nyeri saat menelan.

3.    Penyakit batu empedu

Penyakit yang satu ini merupakan suatu peradangan pada kantong empedu atau adanya penyumbatan saluran empedu dikarenakan adanya batu yang berasal dari pengkristalan kolesterol. Batu tersebut terbetuk dikarenakan ketidakseimbangan kimia yang ada di dalam kandung empedu. Batu empedu yang tidak terjadi penyumbatan pada saluran empedu maka tidak akan menimbulkan suatu gejala apapun. Namun, jika telah terjadi penyumbatan maka penderitanya dapat merasakan rasa nyeri perut yang begitu hebat dan menyiksa, biasanya nyeri perut ini akan berlangsung antara satu sampai lima jam dan muncul secara tiba-tiba.

4.    Wasir

Wasir adalah suatu pembengkakan pada pembuluh darah yang ada di sekitar atau di dalam anus. Penyebab terjadinya pembengkakan ini sangat erat kaitanya pada pembuluh darah akibat kurangnya mengkonsumsi makanan yang kaya serat, terjadinya sembelit yang berkepanjangan, serta mengejan berlebihan saat sedang buang air besar.

5.    Penyakit usus buntu

Usus Buntu
Penyakit usus buntu merupakan penyakit yang sering dijumpai pada masyarakat. Penyakit usus buntu tejadi ditandai dengan adanya peradangan serta pembengkakan yang terjadi di dalam usus buntu, yaitu sebuah organ yang berbentuk kantung serta memiliki ukuran sebesar jari dan terhubung dengan usus buntu.

Dan masih banyak lagi jenis gangguan pencernaan yang tidak bisa diutarakan semuanya, pada postingan sebelumnya kami sudah ulas mengenai obat sakit perut anak ,  ikuti terus artikel kami supaya bisa mendapatkan informasi tentang kesehatan
 

| Marmaraherba