kesehatan

Home « Kesehatan « Makanan Pantangan Yang Dilarang Penderita Batu Ginjal

Makanan Pantangan Yang Dilarang Penderita Batu Ginjal

Share Facebook Share Twitter Share Google + Share Whatsapp
Publisher in : Batu Ginjal
Tanggal :

Penyakit batu ginjal yaitu sesuatu yang terjadi apabila anda sedang mengeluarkan urin, maka terdapat kandungan batu berbentuk kristal yang juga ikut keluar bersama urin tersebut. Maka dari itu, kristal terus terbentuk di saluran kandung kemih akan menjadi penghalang dalam aliran urin, sehingga urin anda tidak dapat keluar dengan lancar. Karena itulah, penyakit ini sangat menakutkan bagi penderintanya. Bahkan dapat menimbulkan infeksi pada saluran kemih dan ginjal. Hal yang harus diperhatikan ketika anda sudah terkena batu ginjal adalah pola makan yang sehat. Dengan asupan makanan dan minuman yang masuk di dalam tubuh seperti halnya pada penyakit diabetes. Sebaiknya anda lebih banyak mengonsumsi makanan yang berkarbohidrat tinggi dan batasi makanan berkalium serta protein yang berlebih.
Berikut ini ada sejumlah makanan pantangan bagi penderia batu ginjal.
Batu Ginjal

Makanan Pantangan Yang Dilarang Penderita Batu Ginjal

1.Daging Merah

Daging merah yang mengandung protein tinggi memang sangat dilarang. Jenis makanan tersebut akan dapat meningkatkan kadar asam oksalat pada tubuh dan berakibat terserang batu ginjal lebih tinggi. Dengan protein tinggi dapat menimbulka proses kerja ginjal terlalu keras terhadap pemecahan protein. Sehingga ginjal akan menyaring racun lebih banyak.

2. Sayuran Berdaun Hijau

Kandungan kadar oksalat yang tinggi dapat menimbulkan menumpuknya jumlah kalsium pada tubuh. Ha ini berakibat pada penderita batu ginjal yang lebih berbahaya. Beberapa sayur yang mempunyai daun berwarna hijau seperti kancang panjang, bayam, dan jenis sayur lainnya yang didalamnya terkandung asam oksalat. Sementara itu oksalat jika bertemu kalsium akan terbentuk Kristal yang menjadi penyebab batu ginjal.

3. Kedelai dan Kacang-kacangan

Selain sayuran kedelai dan semua jenis kacang-kacangan juga mengandung oksalat berkadar tinggi. Jika anda membiarkan mengonsumsi makanan tersebut, maka pembentukan batu ginjal semakin parah. Akan tetapi, jika jenis makanan kedelai yang sudah difermentasikan diperbolehkan walaupun dalam takaran yang kecil. Sebaiknya anda menghindari sumber makanan tersebut.

4. Susu

Susu yang mengandung beberapa komponen yaitu kalium, kalsium dan magnesium. Dari ketiga komponen ineral tersebut berbahaya, sebab akan mengembangkan batu ginjal yang semakin parah. Produk susu harus dihindari oleh penderita batu ginjal, karena didalam kalsium tersebut dapat menimbulkan peningkatan resiko batu ginjal.

5. Ikan

Ikan mengandung protein tinggi dan zat purin yang dapat memecah menjadi asam urat sehingga masuk ke dalam urin. Protein yan jumlahnya tinggi dapat menimbulkan meningkatnya jumlah kalsium. Oleh karennya menyebakan asam urat tinggi pada tubuh penderita. Batasi dan hindari makanan ini agar mengurangi resiko lebih berat.

6. Natrium dan Sodium

Kadar senyawa asam oksalat yang meningkat dalam tubuh yang akan berpengaruh pada kondisi batu ginjal. Untuk itu makanan yang mengandung natrium atau garam dan sodium yang merupakan jenis makanan yang harus dihindari oleh kalangan penderita batu ginjal. Sebaiknya konsumsii garam sebanyak 2500 sampai 3500 mg per hari.

7. Minuman Berkarbon dan Manis

Kandungan minuman bersoda seperti asam oksalat, kadar kalsium, natrium, dan kreatinin dengan kombinasi bermacam jenis zat dapat meningkatkan resiko gagal ginjal. Sedangkan minuman manis pantangan yang wajib dijaga, sebab dapat meninhkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Berbagai jenis minuman yang mengandung gula, pemanis serta minuman bersoda bahkan minuman yang berkafein harus segera dihindari. Semoga beberapa pantangan makanan dapat dihindari bagi anda penderita batu ginjal. Sebaiknya anda harus menerapkan pola makan sehat dan rajin berolahraga. Sehingga batu ginjal yang diderita akan lebih mengurangi dan tidak bertambah parah.

Kami Tawarkan obat untuk penghancur batu ginjal dengan Lecithin softgel, hubungi kami untuk informasi selanjutnya.

| Marmaraherba