kesehatan

Home « Kesehatan « Waspada !!! Gejala Pneumonia Pada Anak

Waspada !!! Gejala Pneumonia Pada Anak

Share Facebook Share Twitter Share Google + Share Whatsapp
Publisher in : Pneumonia Pada Anak
Tanggal :

Pernahkah anda mendengar penyakit pneumonia? Tahukah anda apa itu penyakit pneumonia? Pneumonia merupakan suatu penyakit yang bisa menyerang siapa saja baik anak-anak ataupun orang dewasa, baik perempuan ataupun laki-laki. Namun, kebanyakan pengidap penyakit pneumonia adalah anak-anak. Pneumonia Pada Anak menjadi peringatan penting bagi para orang tua untuk lebih memberikan perlindungan serta menjaga kesehatan sang anak agar jangan sampai mengidap penyakit yang tergolong serius dan bisa berujung kematian ini.

Pneumonia adalah infeksi pada paru-paru yang dapat menyebabkan kematian, telebih lagi pada anak yang berusia di bawah 5 tahun. Orang tua dituntut untuk waspada jika sang anak mengalami batuk serta gangguan pernapasan, karena hal ini bisa menjadi sebuah pertanda bahwa sang anak telah mengidap pneumonia. Penyakit pneumonia disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari bakteri, jamur, dan berbagai virus.Selain itu, perlu anda ketahui bahwa virus flu juga ternyata dapat emmicu terjadinya pneumonia pada anak.Pada umumnya pneumonia terjadi saat setelah saluran pernafasan bagian atas yaitu hidung dan tenggorokan telah terinfeksi, tandaya yaitu berupa pilek serta nyeri tenggorokan.Setelah dua sampai tiga hari, infeksi tersebut dapat menjalat hingga ke paru-paru. Sisitem imun yang lemah atau belum terbentuk secara sempurna dalam diri sang anak maka tidak mampu untuk membasmi infeksi awal yang ringan hingga menyebar ke paru-paru dan menimbulkan pneumonia.
Pneumonia Pada Anak

Siapa yang rentan terserang penyakit Pneumonia?

Orang yang mudah terkena penyakit ini adalah anak-anak yang emmiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, contohnya bayi yang tidak memperoleh air susu ibu atau anak yang mengalami kekurangan gizi, anak-anak yang telah terserang HIV, hingga anak-anak yang telah terinfeksi campak. Selain itu, sejumlah faktor lingkungan juga dapat meningkatkan resiko sang anak untuk mengalami pneumonia pada anak, contohnya orang tua yang merokok atau mungkin tinggal di sebuah pemukiman yang padat penduduk.

Gejala penyakit Pneumonia Pada Anak

Gejala sang anak telah mengidap penyakit pneumonia adalah anak mengalami batuk, hidung tersumbat, muntah, merasa demam, nafas diiringi dengan suara yang mendenging, anak mengalami kesulitan untuk bernafas/sesak nafas hingga nampak dada serta perut mengembung, rasa nyeri di abgian dada, menggigil, merasa sakit pada bagian [erut diakibatkan batuk yang terus menerus, nafsu makan menurun hingga menimbulkan anak dehidrasi, nampak pucat serta lesu, sulit untuk beristirahat, lebih sering menangis, bahkan pada kasus yang telah parah sang anak bisa mengalami bibir serta kuku jari berubah warna menjadi kebiruan atau abu-abu. 

Cara untuk mencegah penyakit Pneumonia 

Cara mencegah pneumonia adalah dengan memberi makanan pada anak dengan gizi yang cukup, rutin melakukan imunisasi, serta budayakan perilaku hidup sehat dan bersih. Cara mengatasi sesak nafas akibat pneumonia harus dengan pengobatan yang benar, hubungi kami untuk informasi mengenai obatnya.
 

| Marmaraherba